Jakarta (ANTARA) - Bayer Leverkusen berhasil mengakhiri musim Liga Jerman tanpa menelan satu kekalahan, setelah mereka menang 2-1 atas Augsburg pada Sabtu.

Berikut ini adalah angka-angka di balik kesuksesan tim asuhan Xabi Alonso dalam menjalani liga domestik musim ini dikutip dari AFP:

0: Bayer Leverkusen tidak pernah kalah sekalipun dalam perjalanan di Liga Jerman musim ini.

1: Bayer Leverkusen merupakan tim pertama sepanjang sejarah sepak bola Jerman yang dapat menjalani satu musim penuh Liga Jerman tanpa terkalahkan.

51: Bayer Leverkusen tidak pernah kalah dalam 51 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Torehan itu mencakup 34 pertandingan Liga Jerman, 12 pertandingan Liga Europa, dan lima pertandingan Piala Jerman.

Baca juga: Lima pemain kunci kesuksesan Bayer Leverkusen

Baca juga: Xabi Alonso ungkap dua kunci kesuksesan Leverkusen musim ini
1: Ini merupakan gelar Liga Jerman perdana bagi Bayer Leverkusen sepanjang 120 tahun sejarah mereka.

2: Bayer Leverkusen hanya memenangi dua gelar sebelum musim ini, yakni Liga Europa 1988 dan Piala Jerman 1993.

3: Dengan trofi Liga Jerman telah berhasil dikunci pada April, Bayer Leverkusen berpeluang memenangi total tiga trofi pada musim ini. Pasukan Xabi Alonso akan bertemu Atalanta di final Liga Europa pada Rabu (22/5) mendatang dan Kaiserslautern di final Piala Jerman pada Sabtu (25/5) depan.

5: Bayer Leverkusen pernah finis di peringkat kedua Liga Jerman sebanyak lima kali.

15: Bayer Leverkusen mencetak 15 gol setelah 90 menit waktu normal di semua kompetisi pada tahun ini. Jika dihitung dengan patokan 80 menit, catatan itu melonjak menjadi 33 gol.

59: Bayer Leverkusen memainkan 49 pertandingan tanpa terkalahkan, yang terjadi pada semifinal Liga Europa saat melawan AS Roma. Catatan itu mematahkan rekor milik Benfica yang telah bertahan selama 59 tahun, yang diukir pada 1963 sampai 1965.

90: Total poin Bayer Leverkusen pada musim ini. Jumlah itu hanya sedikit kurang dari catatan poin terbanyak dalam semusim yang diukir Bayern Munich pada musim 2013/2014 dengan 91 poin.

3: Bintang Bayer Leverkusen Florian Wirtz tiga kali memenangi penghargaan Pemain Terbaik bulanan Liga Jerman musim ini, yang didapatnya pada Oktober, Desember, dan Januari. Pemain-pemain Bayer Leverkusen lain yang memenangi penghargaan serupa pada musim ini adalah Alex Grimaldo pada April dan Victor Boniface pada Agustus.

3: Sebanyak tiga pemain Bayer Leverkusen mencetak dua digit gol di Liga Jerman musim ini, mereka adalah Victor Boniface (14 gol), Florian Wirtz (11 gol), dan Alex Grimaldo (10 gol).

13: Alex Grimaldo mencatatkan 13 assist, yang merupakan torehan assist terbanyak di Liga Jerman. Sedangkan Florian Wirtz menyumbang 11 assist.

33: Bayer Leverkusen mencetak gol pada 33 pertandingan dari 34 pertandingan mereka di Liga Jerman musim ini. Mereka hanya satu kali gagal mencetak gol, yakni saat ditahan imbang 0-0 oleh Borussia Moenchengladbach.

Baca juga: Bayer Leverkusen resmi juarai Bundesliga2023/24 tanpa terkalahkan

Baca juga: Alonso akan gunakan "penderitaan" musim lalu untuk lolos ke final UEL

Baca juga: Leverkusen ditantang Atalanta dalam final Liga Europa


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024